Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Apa itu HTML dan Bagaimana Strukturnya?


Apa itu HTML dan Bagaimana?Halo, Bertemu lagi dengan saya..
Sudah lama sekali tidak post di blog ini..
Sekarang saya akan membahas
tentang "Apa itu HTML dan Bagaiman Strukturnya?

Pemrograman web saat ini sangat banyak digunakan oleh banyak orang untuk berbagai kepentingan, seperti untuk berbisnis, tugas sekolah, ataupun hanya sekedar untuk pamer ke teman atau orang sekitar. Suatu halaman website tentu saja membutuhkan pemrograman web di dalamnya. Bahasa pemrograman web sangat banyak sekali, contohnya adalah HTML yang akan saya bahas kali ini. Untuk bahasa pemrograman web lainnya mungkin akan saya bahas pada postingan selanjutnya.

HTML adalah kepanjangan dari HyperText Markup Language, merupakan bahasa interpretasi yang digunakan pada sebuah halaman web. HTML mendeskripsikan struktur halaman web yang ditulis dengan element atau tag yang yang mengapit konten atau teks didalamnya. (Google)

Hyper Text Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. (Wikipedia)

Jadi bisa kita simpulkan bahwa HTML atau Hyper Text Markup Langguage adalah bahas pemrograman yang digunakan untuk membuat halaman web, yang menampilkan suatu informasi.

  • Pembuka
HTML di mulai dengan ta <html> dan ditutup dengan tag </html>, sehingga menjadi seperti

Kode::
<html> kode html </html>

  • Tag <Head>
tag head berisi tentang sesuatu yang tidak kelihatan di halaman web, seperti judul web yang letaknya pada tab browser agan, ataupun favicon dari website. Strukturnya seperti :
Kode::
<html> <head> kode head </head> </html>

  • Tag <Body> atau isi

Tag body diletakkan sesudah tag <head>. Tag ini berisi tentang sesuatu yang menjelaskan isi website. Seperti halnya agan melihat konten ini. Tag ini memuat header sampai dengan footer dari web. Strukturnya seperti ini:
Kode::
<html> <head>...</head> <body> kode body </body> </html>

Versi video:

Nah, seperti itulah dasar dari HTML. Postingan ini baru kulit luarnya saja, untuk lebih dalamnya mungkin akan saya bahas di postingan yang selanjutnya, itu semua saya buat agar agan-agan sekalian bisa mengerti terlebih dahulu dasarnya baru melangkah ke tahap selanjutnya..

Oke, Sampai disini dulu ya gan..
Maaf jika ada salah kata..
Terima kasih, semoga bermanfaat...








Terima kasih telah membaca artikel tentang Apa itu HTML dan Bagaimana Strukturnya? di blog Blognya Ardiant jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web broswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

5 comments

Kalau belajar tentang HTML di perkuliahan bagusan di universitas mana sob..?

Balas

wah penting nih
buat yang masih belajar blog

Balas

terimakasih banyak mas gan, jai tambah ngerti tentang html nih

Balas

Wah itu sih tergantung persepsi masing masing gan..
Makasih sudah berkunjung gan.

Balas

info yang sangat penting untuk yang mau nyoba dunia pemrograman web

http://www.winsucses.tk/

Balas